Wednesday, May 29, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Atasi Demam Berdarah, Babinsa Koordinasi dengan Bidan Desa di Wilayah

Sragen, kartanusa.id – Kompetensi Bidan Desa dalam penanganan demam beradarah dengue akan mempengaruhi dalam deteksi dini demam berdarah dengue pada anak sehingga dapat menurunkan dampak lanjutan dan kematian.

Hal tersebut yang mendorong Sertu Aris Widodo Babinsa Tunggul Koramil 06/Gondang Kodim 0725/Sragen dan Bides  melaksanakan giat komsos  bersama Bides dan Kader Desa Tunggul dalam rangka pencegahan DB di Dukuh Cumpleng RT 19 Desa Tunggul Kecamatan Gondang, Senin (5/2/2024).

“Kami berharap bidan dapat mengetahui dengan jelas perbedaan demam biasa dan demam pada DBD anak, sehingga dapat memberikan informasi dan konsultasi yang tepat pada masyarakat”, kata Sertu Aris Widodo.

Menurut Aris, angka kejadian DBD meningkat. Begitu juga kematian akibatnya cenderung naik.

“Sejalan dengan meningkatnya kasus, ternyata angka kejadian pada dewasa muda cenderung meningkat. Awalnya proporsi anak usia 4-14 tahun memegang angka terbesar, kini sudah ke arah dewasa muda,” jelasnya.

Ditambahkan Siti bidan desa, sebagai upaya langkah antisipasi penyebaran nyamuk penyebab demam DBD ini Puskesman Desa Tunggul secara terus menerus akan melakukan tindakan.

“Diantaranya adalah abatisasi atau pemberian abate kepada masyarakat untuk mencegak jentik nyamuk berkembang biak, kemudian juga akan dilakukan penyuluhan di area-area terindikasi DBD,” tandasnya. (ARK)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles