Wednesday, May 29, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah Surabaya Bekali Penguatan Fiqih Ibadah

 

Surabaya, kartanusa id – Mata pelajaran Fiqih adalah salah satu bagian dari mata pelajaran pendidikan Al-Islam atau Agama Islam di Sekolah Keberbakatan Muhammadiyah Boarding Area Sport Art and Sains SMA Muhammadiyah 10 Surabaya (MBA Spartans SMAMX) yang diarahkan guna menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, dan mengamalkan hukum Islam, yang kemudian menjadi dasar pandangan dalam kehidupan sehari-hari.

Maka, di MBA Spartans SMAMX tidak hanya transfer pengetahuan tetang fiqih saja, namun juga dibutuhkan keterampilan atau pembelajaran kontekstual serta kecakapan hidup. Artinya untuk memilih kompetensi fiqih ibadah yang baik, tidak hanya teori, tetapi juga melalui kegiatan bimbingan,
pengajaran, latihan menggunakan pengalaman dan pembiasaan.

Oleh karena itu, tim ISMUBA MBA Spartans SMAMX bekerja sama dengan LP2M PDM Kota Surabaya, membimbing siswa SMAMX kelas X pada Senin-Selasa, (12-13/2/2024) di Masjid SMAMX Putri (Nurul Iman).

Menurut ustadz Fahmi Azis selaku Waka ISMUBA SMAMX, program bimbingan fiqih ibadah bagi siswa SMAMX yang dilaksanakan bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah Surabaya (L2PM) PDM Kota Surabaya, bertujan agar siswa mengerahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam secara
terperinci dan menyeluruh, baik berupa dalil naqli dan aqli.

“Tidak hanya itu, pengetahuan dan
pemahaman selama mengikuti bimbingan tersebut diharapkan menjadi pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan sosial,” terangnya, Jumat (16/2/2024).

“Dan yang paling penting, para siswa mampu melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar. Pengamalan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan ketaatan menjalankan hukum Islam, secara konsisten,” tandas ustadz Fahmi Aziz yang juga sebagai guru Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. (sudar/yud)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles