Wednesday, May 22, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Lomba dan Berkisah Isra Mikraj, Siswa Sekolah Anak Shaleh Tunjukkan Kreativitas dan Kecintaan kepada Nabi

Lomba dan Berkisah Isra Mikraj, Siswa Sekolah Anak Shaleh Tunjukkan Kreativitas dan Kecintaan kepada Nabi

Surabaya, kartanusa.id – Sekolah Anak Shaleh SD Muhammadiyah 2 Surabaya menggelar kegiatan lomba dan Berkisah Isra Mikraj pada hari Selasa dan Rabu, 20-21 Februari 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat dan kecintaan siswa terhadap peristiwa Isra’ Mi’raj dan Nabi Muhammad SAW, sekaligus mengembangkan keterampilan dan kreativitas mereka dalam bidang seni dan sastra.

Lomba yang dilaksanakan meliputi lomba qasidah, lomba pidato, dan lomba puisi dengan tema peristiwa Isra Mikraj. Lomba ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu kelas kecil (kelas 1-3) dan kelas besar (kelas 4-6). Lomba ini berlangsung di aula sekolah dengan antusias dan semangat yang tinggi dari para peserta dan penonton.

Salah satu peserta lomba qasidah kelas besar, Fellah, mengatakan bahwa ia senang bisa ikut serta dalam lomba ini.

“Saya suka menyanyikan lagu-lagu Islami, apalagi yang berkaitan dengan Isra Mikraj. Saya merasa lebih dekat dengan Nabi Muhammad SAW dan belajar banyak dari peristiwa tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, peserta lomba pidato kelas kecil, Chalief, mengaku bahwa ia merasa gugup saat berbicara di depan banyak orang. Namun, ia tetap berusaha untuk menyampaikan pesan-pesan Islami yang terkandung dalam peristiwa Isra Mikraj.

“Saya ingin mengajak teman-teman untuk meneladani Nabi Muhammad SAW, yang sabar, taat, dan berani menghadapi tantangan. Saya juga ingin mengingatkan teman-teman untuk selalu bersyukur atas nikmat Allah SWT,” katanya.

Peserta lomba puisi kelas besar, Nadine, mengungkapkan bahwa ia tertarik untuk menuangkan perasaan dan pemikirannya tentang Isra Mikraj dalam bentuk puisi.

“Saya suka menulis puisi, karena saya bisa berekspresi dengan bebas. Saya mencoba untuk menggambarkan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, lalu ke Sidratul Muntaha, dan kembali ke Baitullah. Saya berharap puisi saya bisa menyentuh hati para pembaca,” tuturnya.

Selain lomba, kegiatan ini juga diisi dengan Berkisah perjalanan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW, yang disampaikan oleh Yatim Mandiri. Dongeng berkisah ini disajikan dengan cara yang menarik dan menyenangkan, sehingga membuat para siswa terpukau dan terhibur.

Dongeng berkisah ini juga memberikan informasi dan inspirasi kepada para siswa tentang peristiwa Isra’ Mi’raj secara lebih mendalam.

Setelah acara berkisah, para siswa juga diajak untuk berinfaq demi kepentingan sosial. Hasil yang terkumpul dari infaq para siswa mencapai Rp. 3.150.000, yang akan disalurkan kepada Yatim Mandiri untuk membantu anak-anak yatim dan dhuafa.

Kegiatan ini menunjukkan kepedulian dan solidaritas para siswa terhadap sesama, sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Kepala sekolah, ustdzah Choirotur Rasyidah SPd sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

“Kami ingin memberikan pengalaman yang berkesan dan bermakna kepada para siswa, sehingga mereka tidak hanya mendapatkan ilmu, tetapi juga hikmah dan nilai-nilai Islami dari peristiwa Isra Mikraj. Kami juga ingin mengembangkan potensi dan bakat mereka dalam bidang seni dan sastra, yang merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan,” ucapnya, Kamis (22/2/24).

Wakil kepala sekolah bidang Ismuba, ustadz Thou’an Mubarok, SPdI menambahkan, bahwa kegiatan ini juga merupakan hasil dari kerjasama yang baik antara ustadz dan ustadzah sebagai panitia pelaksana.

“Kami bersyukur bahwa kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses, berkat kerjasama yang solid dan harmonis antara kami. Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan ini, khususnya para siswa, orang tua, dan Yatim Mandiri,” tuturnya.

Kegiatan lomba dan Berkisah Isra Mikraj ini ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba, sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi mereka. (Erik/yud)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles