Wednesday, May 22, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Warga Kampung Edukasi Sampah Sekardangan Sidoarjo Gelar Kerja Bakti

Warga Kampung Edukasi Sampah Sekardangan Sidoarjo Gelar Kerja Bakti

Sidoarjo, kartanusa.id – Memperhatikan surat edaran dari Bupati Sidoarjo tentang seruan kerjabakti bersama pada hari Ahad, 25 Februari 2024, maka warga RT 23 RW 07 Kampung Edukasi Sampah (KES) Sekardangan Sidoarjo  pun turut berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan.

Demikian disampaikan Heri Sugiono selaku ketua RT 23 RW 07 Sekardangan Sidoarjo saat membersamai warga kerja bakti bersama.

“Warga Kampung Edukasi Sampah RT 23 RW 07 di perumahan Pesona Sekar Gading Sekardangan Sidoarjo begitu antusias menyikapi seruan Bupati Sidoarjo untuk kerja bakti, mengingat warga kami selalu peduli dengan persoalan lingkungan diantaranya dalam bentuk pengolahan sampah agar lebih berguna,” terangnya.

“Warga kami sudah terbiasa mengadakan kerja bakti, disamping untuk menata kebersihan lingkungan juga untuk jalin silaturahmi menambah kerukunan warga sekaligus untuk komunikasi rembuk warga, sehingga suasana yang santai dan guyub begitu nyata,” imbuhnya.

Lanjut Heri Sugiono, dari partisipasi dan komunikasi yang produktif serta aktif kerja bakti telah menjadikan RT 23 RW 07 Sekardangan Sidoarjo sebagai Kampung Edukasi Sampah, dimana warga sudah melakukan pemilahan sampah sejak dari rumah, sehingga di setiap rumah disamping ada bak sampah juga disediakan takakura, keranjang untuk sampah kertas dan kardus, serta sampah plastik sehingga sudah ada Bank Sampah untuk melayani nasabah dari warga, juga di beberapa titik terdapat Kompusteraerob, biopori dan sumur resapan.

“Memanfaatkan dedaunan dan ranting pepohonan diolah menjadi pupuk kering guna menambah kesuburan tanaman sehingga Kampung Edukasi Sampah semakin asri dan indah dengan penataan hidroponik, paving jalan dilukis untuk arena bermain anak anak,” paparnya.

“Kampung Edukasi Sampah menjadi sarana belajar untuk pengolahan lingkungan, yang dikunjungi mulai pelajar TK hingga SMA/K dan Mahasiswa serta kader kader lingkungan dari berbagai kota, selama tahun 2023 tamu yang berkunjung lebih dari 3000 orang, dan diawal tahun 2024 sejak Januari hingga Februari ini sekitar 500 orang,” imbuhnya.

Kerja bakti bersama ini, sambung Heri Sugiono, didukung warga untuk berpartisipasi membersihkan dan menata tanaman serta pepohonan juga selokan agar terlihat rindang bersih,  nyaman dan menyehatkan.

“Setelah kerja bakti warga disamping menikmati es teh dan kudapan yang ada juga mendapat kiriman dari warga yang juga kader lingkungan berupa es CIncau yang segar produk Kampung Edukasi Sampah Sekardangan yang memang ada beberapa warga yang menanam pohon Cincau, sehingga saat kerja bakti ini bisa dinikmati bersama,” tandasnya. (Andi/yud)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles