Wednesday, May 29, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Kenalkan Profesi Petani Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek

Mengenalkan Profesi Petani Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek

Surabaya, kartanusa.id – RA Daarun Najah mengadakan kegiatan pembelajaran P-5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) bertajuk “Petani Cilik” dengan menggunakan kreasi dari barang bekas dijalan Babadan Rukun nomor 77 Surabaya, Jumat (1/3/24).

Kepala RA Daarun Najah Nur Choiriyah ST menjelaskan, agenda tersebut diadakan dalam rangka rangkaian pembelajaran berbasis proyek yang dilaksanakan selama sepekan dengan berbagai kegiatan penunjang, seperti membuat peralatan pertanian dari kardus bekas, padi sintetis dari sedotan bekas, dan topi petani dari kertas karton.

“Acara dimulai pada pukul 07.00, yakni persiapan alat dan bahan, kemudian karnaval dengan memakai atribut petani dan dilanjutkan dengan melakukan praktik bercocok tanam sesuai dengan urutannya,” terangnya.

Masih Nur Choiriyah, agenda dilanjutkan dengan berjualan hasil panen, setelah itu mereka juga melakukan proses akhir yaitu mengolah hasil bumi dengan bermain memasak.

“Agenda kali ini melatih siswa untuk aktif melakukan kegiatan pembelajaran yang dikemas dalam sebuah aktivitas bermain yang menyenangkan,” ujarnya.

Salah satu ustadzah Sera Monalisa Yuwana memaparkan bahwa anak-anak asyik bermain peran sebagai petani, sebuah profesi yang jarang sekali mereka temui di perkotaan.

Ustadzah lain, Dwi Wahyuningsih SPd menambahkan bahwa properti yang telah disiapkan selama sepekan, adalah kreasi anak, sehingga anak bisa menggunakan hasil karyanya dengan rasa percaya diri dan bangga karena dengan pembelajaran aktif.

“Karakter baik akan muncul dengan sendirinya yaitu saling menghargai, kerjasama, dan rasa syukur kepada Allah SWT,” tandasnya. (Fitri/yud)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles