Wednesday, May 22, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Spemjitu Ajarkan Cara Berdemokrasi Kepada Peserta Didik

Spemjitu Ajarkan Cara Berdemokrasi Kepada Peserta Didik

Surabaya, kartanusa.id – Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang diadakan oleh siswa kelas 7 SMP Muhammadiyah 17 Surabaya (spemjitu), mengadakan projek topik suara, dengan cara mencoblos paslon yang sudah di tentukan pada Kamis (29/2/24).

Pencoblosan dimulai setelah sholat dhuhur, Ustadz Purwanto SPd sebagai guru proyek sekaligus penanggung jawab acara mengarahkan para siswa untuk memilih sesuai keinginan masing-masing. Siswa yang memiliki hak untuk memilih adalah seluruh siswa – siswi Spemjitu mulai dari kelas 7 – 9 sejumlah kurang lebih 140 siswa.

“Sudah satu bulan lebih anak-anak menyiapkan kegiatan ini, mulai dari berkampanye seperti menyebarkan flayer, mempresentasikan visi misi dan lain lain,” ujar ustadz Pur sapaan akrabnya.

Ada 4 paslon yang disiapkan siswa siswi kelas 7, masing – masing kelas mendelegasikan 2 paslon. Dari kelas 7A mendelegasikan Rizky Putra dan Rizky Ardian sebagai paslon nomor 1 serta Dio Cahyo dan Hasif Dhiyaurrahman  sebagai paslon nomor 4.

Kemudian, kelas 7B mendelegasikan Raden M. Abi dan Muhammad Akbar sebagai paslon nomor 2 serta Zacky Alfianino dan Keanu Juna sebagai paslon nomor 3.

Sebelum mencoblos, seluruh siswa mengantri untuk masuk kedalam Tempat Pemungutan Suara (TPS), kegiatan berlangsung dengan aman dan damai, tidak ada pertikaian maupun provokasi dari pihak paslon maupun pendukungnya.

Setelah pemungutan suara dilakukan perhitungan yang dilakukan oleh panitia penyelenggara. Hasil dari pencoblosan ini bahwa paslon nomor 3 yaitu Zacky Alfianino dan Keanu Juna menjadi pemeroleh suara terbanyak dengan total 45 suara.

Terakhir Ustadz Pur menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajarkan sejak dini agar peserta didik dapat berperan aktif dan melek tentang politik dan sistem demokrasi pemilihan langsung terbuka.

“Nantinya mereka para peserta didik akan turun langsung untuk berperan aktif sebagai rakyat Indonesia yang melakukan demokrasi, namun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membuka mata mereka tentang bagaimana berjalannya politik demokrasi Indonesia,” pungkasnya. (Kaysan Nawfal/Florence Melodia/yud)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles