Monday, May 27, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Serunya English Camp Kelas Bilinggual Sekolah Karakter SDM 24 Surabaya

Serunya English Camp Kelas Bilinggual Sekolah Karakter SDM 24 Surabaya

Surabaya, kartanusa.id – Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya melaksanakan English Camp di Kebun Bibit 2 Wonorejo Surabaya. Kegiatan ini diikuti 22 siswa Kelas 2 Tertib (Bilinggual) dengan mengambil tema “Fun Learning : by Exploring Job and Hobby” dengan harapan siswa lebih percaya diri berbicara bahasa Inggris, menambah vocabularies tentang berbagai profesi dan kegemaran, dan melatih kemandirian dengan cara yang menyenangkan. Konsep belajar sambil tadabbur alam, merenungkan kebesaran dan kekuasaannya sebagai bentuk pengamalan Bintang Karakter 1; Cinta Allah SWT dan Segenap CiptaanNya. Sabtu (02/03/2024).

Ustadz Salman Alfarisi BMR, S.H.I. Kepala Urusan Humas Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya menyampaikan “Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya selalu berusaha mengemas pembelajaran dengan menarik dan menyenangkan bagi para siswa, termasuk belajar bahasa Inggris, khususnya bilingual class. Minggu yang lalu kita sudah melaksanakan kegiatan Meet and Greet untuk Kelas 1 Mandiri dengan mendatangkan guru tamu spesial Mr. Emmanuel Abel Kirigiti dari Tanzania, dan Kelas 2 Tertib Mr. Faizal Iwan dari Belanda. Hari ini siswa kelas 2 Tertib Bilinggual belajar yang menyenangkan dengan memadukan konsep belajar bahasa Inggris dengan camping yang diberi nama English Camp. Tujuan English camp ini adalah siswa lebih percaya diri berbicara bahasa Inggris, menambah vocabularies tentang berbagai profesi dan kegemaran, dan melatih kemandirian sesuai tema kali ini “Fun Learning : by Exploring Job and Hobby”. Tuturnya.

Masih Ustadz Salman “Kami berpesan kepada anak-anak, yang penting untuk diperhatikan, yaitu :
Pertama, Selalu Bersyukur kepada Allah SWT atas kenikmatan yang telah diberikan, yang berupa ketetapan Iman dan Islam serta kesehatan sehingga kita bisa beraktifitas dengan baik dan lancar.
Kedua, Meneladani Rasulullah Muhammad SAW, kita jadikan beliau sebagai satu-satunya teladan dalam hidup kita, InsyaAllah kita akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
Ketiga, Tertib Ikuti Aturan, bahwa kita berkegiatan diluar sekolah, maka ikuti peraturan yang telah dibuat oleh ustadz/ustadzah, sehingga kita aman terlindungi.
Keempat, Ikuti Proses Pembelajaran dengan baik, semua rangkaian silahkan diikuti dan semua tempat bisa menjadi media pembelajaran, baik di rumah, di televisi, di media sosial, di ruang terbuka hijau; taman, tempat wisata, seperti hari ini kita belajar di kebun bibit Wonorejo Surabaya.

“Terakhir jadilah anak-anak yang semangat dalam belajar, dimanapun dan kapanpun, dan fokuslah dalam belajar dengan cara menjadi pendengar yang baik, sehingga pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Tutur Ustadz Salman yang juga Sekretaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wonokromo.

Ustadzah Ella Mafruchani, S.Pd  Ketua Panitia English Camp Kelas 2 Tertib (Billingual) Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya menyampaikan “Kegiatan English Camp Tahun 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris dengan pembejaran yang menarik sekaligus bertadabbur alam di Kebun Bibit Wonorejo Surabaya. Agenda diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Sang Surya, lalu pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh siswa-siswi kelas 2 Tertib, dan dibuka oleh Ustadz Salman Alfarisi BMR, S.H.I. Kepala Urusan Humas Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya”. Tuturnya.

Masih Ustadzah Ella “Sesuai dengan tema English Camp; Fun Learning : by Exploring Job and Hobby, siswa-siswi diajak mengenal berbagai profesi dan hobby yang digemari melalui pembelajaran yang menyenangkan, tentunya menggunakan bahasa Inggris, yaitu :
Kegiatan pertama, complete missions; siswa diminta untuk berkunjung ke beberapa pos dan disetiap pos ada misi yang harus mereka lakukan. Ada 4 pos yang sudah disiapkan oleh para ustadz/ustadzah. Misi ini berkaitan dengan occupation / pekerjaan. Jika mereka bisa menyelesaikan misi di pos tersebut dengan baik, maka, mereka akan mendapatkan poin bintang yang banyak.
Kegiatan kedua, kegiatan kedua dibagi menjadi 2 aktifitas, yaitu :

1. Crab race (balap kepiting); mereka diminta untuk membentuk seperti kepiting, lalu berlomba siapa yang paling cepat menuju garis finish. Lalu, setelah sampai digaris finish mereka diminta untuk menyebutkan beberapa kosakata mengenai hobby dan kitchen tools.
2. Move the water and whisper challenge; mereka diminta untuk memindahkan air secara kompak dari depan ke belakang dan jika sudah sampai di finish mereka diminta untuk melanjutkan whisper (bisik-bisik) yang sudah diberikan ustadzahnya lalu mereka menuliskan apa yang mereka sudah dengar.

“Terakhir dengan kegiatan talent show with parents, siswa menampilkan kreatifitasnya seperti fashion show, singing, short drama. Kegiatan English Camp Tahun 2024 ini, dikonsep dengan menarik sehingga membuat antusiasme anak-anak dan orang tua sangat luar biasa. Semoga program Kelas Bilinggual Sekolah Karakter SD Muhammadiyah 24 Surabaya semakin baik dan berkualitas”. Tutupnya. (Salman Al Farisi)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles