Wednesday, May 22, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Takmir Masjid Al-Mufidah Rihlah Dakwah Ke Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan

Takmir Masjid Al-Mufidah Rihlah Dakwah Ke Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan

Surabaya, kartanusa.id – Takmir Masjid Al Mufidah yang beralamatkan di Jalan Ketintang 45 Surabaya, salah satu masjid yang berada dibawah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wonokromo, dalam menyambut bulan Ramadhan telah mempersiapkan jauh-jauh hari dengan mengadakan kajian rutin Kitab Himpunan Putusan Tarjih (HPT) yang diasuh oleh Ustadz Imanan. Kajian khusus tentang Ibadah Ramadhan telah dimulai sejak bulan Rajab sampai menjelang bulan Ramadhan 1445 H.

Untuk meningkatkan motivasi dan kesiapan para jama’ah dalam menyongsong bulan Ramadhan sesuai tuntunan, maka Takmir Masjid mengadakan kegiatan Tarhib Ramadhan yang dikemas dalam Rihlah Dakwah ke Masjid Raya Syaikh Zayed Al-Nahyan di Kota Solo.

Perjalanan Dakwah yang diikuti oleh 60 jama’ah laki dan perempuan, berangkat dari masjid pada Sabtu, 02 Maret 2024 pukul 06.00 WIB dan kembali pada pukul 23.00 WIB. Sebenarnya Takmir bermaksud mengajak seluruh jama’ah, namun karena keterbatasan sumber dana yang ada, maka untuk saat ini diprioritaskan jama’ah Tadarus/Tahsin.

Ustadz Tohari sebagai Ketua Takmir sekaligus sebagai Kepala Kantor Layanan Lazismu (KLL) Masjid Al-Mufidah menyampaikan “Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak, atas supportnya sehingga kegiatan rihlah dakwah ini berjalan lancar, dan kami mohon maaf karena belum bisa mengajak seluruh jama’ah Masjid Al-Mufidah. Kegiatan yang sudah terprogram dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPB) KLL Masjid ini, tentunya tidak membebani peserta Rihlah. Sebagai upaya untuk mengingatkan kembali para jama’ah tentang materi Ibadah Ramadhan”. Tuturnya.

Masih Ustadz Tohari “Diawal perjalanan, kami mengingatkan jama’ah dalam bus dengan menyampaikan kuis dengan beberapa pertanyaan seperti:
Pertama, Bagaimana Persiapan Menyambut Ramadhan 1445 H;
– Dituntunkan agar setiap Muslimin dan Muslimah mempersiapkan diri pribadi secara lahir maupun bathin untuk menyambut Ramadhan dengan keimanan dan mengharapkan Ridha Allah SWT.
– Melakukan Pengkondisian Ramadhan dengan sosialisasi kepada lingkungan masyarakat, rumah, dan masjid untuk bersama menyambut Ramadhan 1445 H dengan baik.
– Mempersiapkan sarana dan prasarana ibadah, mulai Masjid, sarananya dan juga keperluan pribadi kita selama Ramadhan.
Kedua, Memahami Tuntunan Shiyam; mulai dari pengertian, jumlah hari, dasar kewajiban, semua hal berhubungan dengan fiqih tentang shiyam.

“Dari kuis yang disampaikan kepada para jama’ah, allhamdulillah ada 3 peserta yang bisa menjawab, dan kepada mereka langsung diberikan hadiah uang tunai”. Tuturnya.

Untuk menambah dan meningkatkan keimanan, maka jama’ah tidak hanya diajak membaca ayat-ayat qouliyah dengan tadarus Al Qur’an saja, namun juga diajak membaca ayat-ayat kauniyah. Oleh karena itu sebelum menuju ke Masjid Raya Syaikh Zayed Al-Nahyan di Solo, jama’ah diajak tadabbur alam di Lawu Park. Di dalam kelak-kelok, lika-liku perjalanan, naik-turun dan terjalnya perjalanan serta kiri kanan alam pengunungan yang sejuk nan dingin menerjang kabut putih yang menghadang akhirnya sampailah di Lawu Park.

Masih Ustadz Tohari “Terbersit di dalam hati kalimat kalimat thayyibah yang mengagungkan kebesaran Allah SWT dan menyadari ini hanyalah hamba yang dhaif, lemah tiada berdaya, meneteslah air mata seraya berucap :
”Robbana maa kholaqta haadzaa baathilaa, subhaanaka fa qinaa ‘adzaabannaar”.
Artinya :”Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka”.(QS. 3 : 191).

“Alhamdulillah, sampai Surabaya pukul 23.00 WIB dengan selamat. Semoga program Tarhib Ramadhan tahun ini membawa kesiapan yang lebih baik, sehingga Ramadhan tahu ini pun menjadi Ramadhan yang berkualitas , menjadi Ramadhan terbaik diantara Ramadhan yang telah lalu,” Tegasnya. (Humas Masjid Al Mufidah)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles