Wednesday, May 29, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Parenting SMP Negeri 03 Batu, Tekankan Pentingnya Peran Orangtua dalam Pendidikan

Parenting SMP Negeri 03 Batu, Tekankan Pentingnya Peran Orangtua dalam Pendidikan

Batu Malang, kartanusa.id – Aula AH Nasution seketika menjadi ramai karena banyak peserta didik dan walimurid SMP Negeri 03 Batu yang datang kesana pada hari Kamis, 7 Maret 2024.

Aula yang bertempat di dalam area asrama Pusdik Arhanud yang beralamat di Jalan Raya Arhanud, Sekar Putih, Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu menjadi tempat diselenggarakannya Parenting SMP Negeri 03 Batu di tengah semester genap di tahun pelajaran 2023/2024.

Tema yang diangkat pada kegiatan parenting kelas VII, VIII dan IX tersebut adalah, “Selamatkan Remaja dari Bahaya Pergaulan Bebas Demi Terwujudnya Generasi Muda”.

Psikolog dari Kota Batu, Sayekti Pribadiningtyas SPsi MPd Psikolog, yang menjadi nara sumber pada kegiatan parenting mengatakan bahwasanya orang tua harus lebih memperhatikan dan mendampingi putra/putrinya secara intens, baik perilaku maupun adab tutur katanya.

“Meluangkan waktu mereka di tengah-tengah kesibukan mencari nafkah untuk mengajak bicara dari hati ke hati. Sehingga anak merasa nyaman di rumahnya sendiri dan tidak mencari kenyamanan di tempat yang lain, sebagai tempat pelarian mencari perhatian dengan hal-hal yang menyimpang,” ungkapnya.

“Aduan pelaku pencabulan biasanya berasal dari orang-orang yang terdekat dengan korban. Maka orang tua harus peka dengan tidak percaya begitu saja terhadap hal-hal yang tidak seharusnya. Orang tua harus lebih peka dengan perubahan yang terjadi pada putra/putrinya,” imbuhnya.

Mohamad Rofik SPd selaku wakil kepala SMP Negeri 03 Batu bidang kurikulum menyampaikan pada pembukaan parenting,

“Orang tua hendaknya peka terhadap perubahan tingkah laku putra/putrinya. Jangan sampai terjadi hal-hal negatif yang bisa saja terjadi kapan saja dan dimana saja kepada anak-anak kita, generasi masa depan kita,” paparnya.

Bahkan, Mohamad Rofik SPd juga memberikan sedikit potongan ayat Al-Qur’an sebagai penguatan opininya yaitu surat An-Nisa 9 yang artinya: “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar”.

Kemudian di waktu yang berbeda, Ananda Wahyu Satria SPd selaku wakil kepala SMP Negeri 03 Batu bidang kesiswaan menambahkan, tujuan diadakan kegiatan parenting ini adalah untuk mewaspadai kenakalan remaja yang marak di masyarakat. Sehingga harapannya peserta didik SMP Negeri 03 Batu menjadi generasi emas yang tangguh, berakhlaq mulia dan terbebas dari bahaya pergaulan bebas.

“Sekaligus sebagai bahan edukasi bahwa peran orang tua adalah menjadi gerbang utama masuknya bahaya pergaulan bebas. Jika orang tua memperhatikan anak-anaknya dengan baik, maka tidak ada yang namanya penyimpangan,” ucapnya.

Kegiatan parenting ditutup dengan renungan yang dipimpin oleh Sayekti Pribadiningtyas SPsi MPd Psikolog. Orang tua dan putra/putrinya diminta untuk menutup mata, saling berpegangan tangan dan berdoa di dalam hati.

Sayekti Pribadiningtyas SPsi MPd memberikan kata-kata motivasi di tengah isakan air mata yang keluar dari netra orang tua dan putra/putrinya.

“Saling menggenggam tanganĀ  untuk menguatkan dan saling menyentuh hati antara orang tua dan anak . Saling berpelukan karena doa baik telah dipanjatkan. Maka jadilah anak yang baik. Semoga kalian menjadi anak yang sukses,” tandasnya. (Murni Novida Wardany/yud)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles