Wednesday, May 29, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Drumband Suara Mada Son9o, Meriahkan Pawai Sambut Ramadhan 1445 H di Sekolah Akhlaq SMPM 9 Jojoran Surabaya

Drumband Suara Mada Son9o, Meriahkan Pawai Sambut Ramadhan 1445 H di Sekolah Akhlaq SMPM 9 Jojoran Surabaya

Surabaya, kartanusa.id – Sekolah Akhlaq SMP Muhammadiyah 9 Surabaya menyambut Ramadhan 1445 H dengan Tarhib dan Pawai. Kegiatan pawai diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Akhlaq, mulai dari kelas VII-IX dan dimeriahkan oleh Drumband “Mada Son9o; Muhammadiyah 9”.

Kegiatan ini berlangsung sangat meriah, dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan yang penuh dengan rahmat, hidayah, dan ampunan, bulan suci yang dinanti oleh ummat Islam seluruh dunia, Jum’at (8/3/24).

Menurut Ustadz Novi Amirul Fatah SPd MPd, Kepala Sekolah Akhlaq SMP Muhammadiyah 9 Surabaya menyampaikan, istilah Tarhib Ramadhan ini memiliki akar kata dalam bahasa Arab. Istilahnya berasal dari padanan Rihab (رحاب), Ruhbah (رحبة), dan Tarhab (ترحاب). Makna dari padanan kata-kata ini adalah ruang yang luas, ramah, kegembiraan, dan penerimaan dengan tangan terbuka.

“Istilah tarhib juga dapat diartikan dengan singkatan dari kata yang lebih umum, yaitu marhaban, yang menggambarkan penyambutan tamu dengan penuh kegembiraan, hati yang terbuka, dan persiapan yang baik,” tutur Ustadz Novi yang juga Ketua Lembaga Pembinaan Olahraga (LPO) PDM Kota Surabaya.

Masih Ustadz Novi, “Dari hal tersebut di atas maka kami Sekolah Akhlaq SMP Muhammadiyah 9 Jojoran Surabaya mengadakan pawai dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan yang penuh dengan rahmat, hidayah, dan ampunan, bulan suci yang dinanti oleh ummat Islam seluruh dunia”.

Kegiatan ini menjadi sangat meriah dengan diiringi oleh Drumband “Mada Son9o; Muhammadiyah 9” binaan Coach Thamrin, Sekretaris Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bulak.

“Disamping itu, kegiatan ini adalah momentum yang tepat untuk menyiapkan diri menjelang bulan suci Ramadhan 1445, dengan harapan anak-anak lebih siap, semangat dan maksimal dalam menjalaninya,” tuturnya.

Upaya ini dalam rangka mengamalkan hadits Rasulullah saw, yaitu :
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إيْمَا نًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Artinya :”Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan karena Iman dan mengharap pahala dari Allah maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR Bukhari dan Muslim). (Novi/Salman/yud)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles