Nasehat Pak-Je: Implementasi Ajaran Islam yang Holistik di Sekolah Muhammadiyah
Oleh Muhamad Jemadi, MA. (Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya)
Motivasi Organisasi Edisi 2 Ramadhan 1445 H
Bagaimana Implementasi ajaran Islam yang holistik di Sekolah/Madasah Muhammadiyah sebagai berikut;
1. Kurikulum Islami; Mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam seluruh aspek kurikulum, termasuk mata pelajaran agama, sains, sosial, dan seni.
2. Kedisiplinan dan Etika; Memperkuat disiplin siswa dan karyawan dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip Islam dalam perilaku dan interaksi sehari-hari.
3. Aktivitas Keagamaan; Menyelenggarakan kegiatan keagamaan seperti shalat berjamaah, kajian Islam, dan perayaan hari-hari besar Islam untuk memperkuat identitas keagamaan siswa dan staf.
4. Keadilan dan Kemanusiaan; Menerapkan prinsip keadilan, kasih sayang, dan kemanusiaan dalam penanganan masalah dan konflik di sekolah.
5. Pengembangan Karakter; Mendorong pengembangan karakter Islami seperti kesabaran, kejujuran, kerja keras, dan rasa hormat melalui program ekstrakurikuler dan kegiatan pengembangan diri.
6. Kemitraan dengan Orang Tua; Melibatkan orang tua dalam proses pendidikan dengan memberikan pemahaman tentang nilai-nilai Islam yang diajarkan di sekolah dan membentuk kemitraan untuk mendukung perkembangan anak secara holistik.
7. Pengelolaan Sekolah; Mengelola sekolah berdasarkan prinsip-prinsip manajemen Islam yang mencakup transparansi, akuntabilitas, dan keadilan dalam pengambilan keputusan.
“Dengan menggabungkan semua aspek ini, Sekolah/Madrasah Muhammadiyah dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan spiritual, akademik, dan sosial siswa sesuai dengan ajaran Islam yang holistik”.