Wednesday, May 29, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Tebar Dakwah dan Kepemimpinan! DAFI Pesantren Al Qur’an Science Terjunkan 245 Da’i Muda ke Berbagai Daerah

Tebar Dakwah dan Kepemimpinan! DAFI Pesantren Al Qur’an Science Terjunkan 245 Da’i Muda ke Berbagai Daerah

Sidoarjo, kartanusa.id – DAFI Pesantren Al Quran Science sangat memegang visi misinya dalam mencetak generasi Qurani yang tangguh di era globalisasi ini. Pondok Pesantren ini terletak di dua lokasi yakni Jalan Putera Bangsa No. 1 Desa Anggaswangi (Pondok Putra) dan Jalan Baitul Mustaqim No. 1 Desa Sarirogo (Pondok Putri) Kabupaten Sidoarjo ini telah meresmikan kegiatan yang bernama DMB (Da’i Muda Berkhidmat) jenjang SMP dan MA DAFI pada hari Ahad, 10 Maret 2024 kemarin.

Kegiatan DMB ini diikuti oleh 245 santri yang terdiri dari SMP dan MA yang berlangsung di dua propinsi (Kalimantan Timur dan Jawa Timur) dan berbagai kota dan kabupaten di Indonesia.
Kegiatan ini bertema “Mengukir Jejak Kebaikan, Menyebarkan Kasih dalam Keseharian” secara resmi dibuka.

Acara kali ini diawali dengan penerjunan dan pengabdian para santri MA DAFI terlebih dahulu di berbagai daerah. Dan selanjutnya para santri SMP DAFI akan menyusul. Kegiatan DMB jenjang MA berlangsung dari tanggal 10 – 24 Maret 2024 dimana menjadi ajang pembuktian perjuangan dakwah para santri pilihan yang siap menebar inspirasi dan dakwah di kehidupan masyarakat.

Ketua DMB jenjang MA Ghibran Atsqolany Yazid menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah:

1. Kegiatan ini dirancang untuk memberdayakan para santri agar mereka dapat menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat
2. Kegiatan “Da’i Muda Berkhidmat” mencakup pendidikan dan pelatihan bagi para santri. Ini dapat mencakup peningkatan pemahaman mereka terhadap ajaran agama, keterampilan berkomunikasi, dan kemampuan kepemimpinan.

Dia juga menambahkan terkait teknis pelaksanaan DMB kali ini di jenjang MA tersebar di beberapa kota dan kabupaten (Bontang – Kaltim, Magetan, Trenggalek, Bojonegoro, Malang, Lamongan, Mojokerto, Surabaya). Setiap kota terdapat satu kelompok yang berisi 6 sampai 15 peserta.

“Kegiatan ini di laksanakan secara serentak oleh para santri pilihan dari jenjang MA dan SMP yang masing masing memiliki hafalan Al Qur’an minimal 5 juz, kegiatan mereka di sana yaitu pengabdian kepada masyarakat mulai dari mengajar TPQ, mengajar sekolah, menjadi imam dan khotib dan masih banyak lagi kegiatan – kegiatan positif lainnya”, tuturnya.

Sedangkan Ketua DMB jenjang SMP, Reza Ardiansyah Maheda, S.Si. menjelaskan latar belakang DMB ini dilaksanakan adalah para santri telah menimba banyak ilmu selama 3 tahun mondok di DAFI, maka dibutuhkan suatu wadah bagi mereka untuk mengimplementasikan ilmunya dan mengabdikan diri mereka bagi masyarakat.

“Hal ini bertujuan untuk lebih mendekatkan santri DAFI dengan masyarakat, serta melatih para santri berdakwah bil-lisan dan bil-haal di masyarakat”, ujarnya.

Penempatan para santri SMP DAFI akan diterjunkan di sekolah, masjid dan TPQ di tiga kota/kabupaten (Sidoarjo, Probolinggo dan Pasuruan). Reza menambahkan kegiatan DMB jenjang SMP akan dilaksanakan dari tanggal 14 – 28 Maret 2024.

“Kegiatan ini dapat memberikan pengalaman praktis bagi santri DAFI serta memberi manfaat bagi lingkungan yang ada di sekitar pondok DAFI Pesantren Al Qur’an Science”, tegasnya.

Dalam pelaksanaannya nanti, Reza menjelaskan strategi kegiatan DMB jenjang SMP adalah mencoba melakukan jejaring dengan berbagai sekolah, takmir masjid serta TPQ yang ada di daerah Sidoarjo, utamanya daerah yang berdekatan dengan rumah santri. Sehingga mereka akan lebih dapat mengenalkan alquran dan juga bermanfaat bagi lingkungan mereka.

Direktur DAFI Pesantren Al Quran Science, Agus Hariadi, S.Pd.I., Al Hafiz mengatakan bahwa kegiatan DMB dirancang untuk menguatkan jiwa dakwah dan kepemimpinan santri dengan terjun langsung di Masyarakat untuk menjadi imam shalat, khatib jumat/tarawih, mengajar di sekolah, TPA, masjid, dan merawat tempat ibadah serta bersilahturahmi dengan warga sekitar.

Dia berharap semoga Allah memberikan kemudahan, kelancaran, kesuksesan, dan keberkahan kepada para santri dalam mengemban amanah yang mulia dan menjadi bekal untuk memimpin Indonesia di masa yang akan datang. Aamiin. (Muhammad Rukhan Asrori/yud)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles