Wednesday, May 22, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Nasihat Pak-Je: Menghadapi Tantangan Pendidikan Abad ke-21

 

oleh Muhamad Jemadi, MA.
(Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya)

Motivasi Organisasi Edisi 3 Ramadhan 1445 H
Menghadapi Tantangan Pendidikan Abad ke-21

Komitmen guru dan karyawan Persyarikatan Muhammadiyah dalam menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21 meliputi berbagai aspek:

1. Penguasaan Teknologi; Komitmen untuk terus meningkatkan penguasaan teknologi dan memanfaatkannya secara efektif dalam proses pembelajaran, termasuk penggunaan platform pembelajaran online, aplikasi pendidikan, dan alat-alat teknologi lainnya.

2. Pengembangan Keterampilan 21st Century; Berkomitmen untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 (21st century skills) seperti keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, kreativitas, serta literasi digital dan finansial pada siswa.

3. Kurikulum Relevan; Komitmen untuk menyusun kurikulum yang relevan dengan kebutuhan zaman, mencakup pemahaman tentang teknologi, multikulturalisme, isu-isu global, serta nilai-nilai keislaman yang relevan.

4. Pembelajaran Berbasis Proyek dan Kolaboratif; Mendorong pembelajaran yang berbasis proyek dan kolaboratif, di mana siswa diajak untuk aktif berpartisipasi dalam memecahkan masalah, berkolaborasi dengan sesama, dan menerapkan pengetahuan dalam konteks dunia nyata.

5. Pembinaan Kemandirian Belajar; Berkomitmen untuk membantu siswa mengembangkan kemandirian belajar, motivasi intrinsik, dan kemampuan untuk terus belajar sepanjang hayat.

6. Pemantauan dan Evaluasi Berkelanjutan; Komitmen untuk melakukan pemantauan dan evaluasi berkelanjutan terhadap proses pembelajaran dan pengelolaan sekolah, serta menerapkan perbaikan berkelanjutan berdasarkan temuan evaluasi tersebut.

7. Inklusivitas dan Keadilan; Berkomitmen untuk memastikan inklusivitas dan keadilan dalam pendidikan, dengan memberikan kesempatan yang sama bagi semua siswa tanpa memandang latar belakang mereka, serta mendorong peningkatan akses dan mutu pendidikan untuk semua.

8. Pembinaan Karakter dan Moral; Komitmen untuk terus membina karakter dan moral siswa sesuai dengan nilai-nilai Islam, sehingga mereka dapat menjadi individu yang berintegritas, bertanggung jawab, dan peduli terhadap sesama.

“Dengan menjalankan komitmen ini, guru dan karyawan Persyarikatan Muhammadiyah dapat mengatasi tantangan pendidikan abad ke-21 dan mempersiapkan siswa untuk menjadi individu yang siap menghadapi tantangan masa depan dengan baik”.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles