Wednesday, May 22, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Manfaatkan Ramadan, PCIA Pakistan Kerja Bareng Prodi HKI UM Surabaya Gelar Kelas Pra Nikah

Surabaya, kartanusa.id – Ramadan kali ini begitu spesial bagi PCIA Pakistan dan Prodi Hukum Keluarga Islam Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya.

PCIA Pakistan dan Prodi HKI UMSurabaya berkolaborasi membuat kelas Pra-Nikah selama Ramadhan dengan tema: Mendidik Diri, Siapkan Masa Depan. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) yang diikuti oleh peserta dari Indonesia dan berbagai PCIA-PCIM di seluruh dunia.

Kelas Pra-Nikah ini dilaksanakan sejak tanggal 8 sampai 17 Mei 2024 yang dibagi menjadi 5 Sesi yakni Sesi Parenting, Sex Education, Life After Marriage, Cerdas Finansial Keluarga dan Domestik Skill.

Dr Mohammad Ikhwanuddin MHI selaku kaprodi HKI UMSurabaya menuturkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Internationalisasi dakwah keluarga di tingkat global. Kita melihat bahwa potret pernikahan atau keluarga di Indonesia bahkan di dunia hari ini sangat mengkhwatirkan.

“Oleh karenanya kegiatan semacam ini perlu digalakkan, tidak hanya di Indonesia tapi juga pada masyarakat global. PCIA dan PCIM merupakan mitra strategis dalam syiar dakwah di kancah Internasional,” tuturnya.

Selain itu, Ketua PCIA Pakistan, Arfilia Rakhmawati juga menambahkan bahwa ‘Aisyiyah memiliki peranan penting dalam membangun peradaban manusia, Pembangunan itu tentu dimulai dari pernikahan dan keluarga.

“Oleh karenanya kegiatan Kelas Pra Nikah ini sangatlah penting tidak hanya bagi yang belum menikah tapi juga penting bagi yang sudah menikah terutama pada sesi Life After Marriage,” imbuhnya.

Salman Al Farisi SSy MH selaku dosen HKI dan narasumber dalam sesi Life After Marriage menyampaikan bahwa kehidupan setelah menikah itu unik. Dinamisasi setelah pernikahan itu sebuah keniscayaan, oleh karnanya perlu bekal Iman yang kuat dan ilmu yang cukup untuk menjalaninya.

Nasehat Imam Ahmad bin Hanbal dan Umamah bintu Harits menjadi salah satu potret kecil bagian dari dinamika yang ada di dalam rumah tangga dan bisa menjadi panduan kita untuk menjalaninya. Ujarnya.

Zulfikar, salah satu peserta mahasiswa S2 Fakultas Ushuluddin IIUI Islamabad Pakistan menyatakan sangat berkesan dengan adanya agenda Kelas Pra Nikah ini, karna sangat penting untuk membuka wawasan kita secara utuh tentang sebuah pernikahan atau keluarga.

PCIA Pakistan dan Prodi HKI UMSurabaya berharap semoga kegiatan kolaborasi ini nanti bisa dikembangkan lagi dalam kegiatan bermanfaat lainnya seperti riset penelitian dan pengabdian masyarakat tentang keluarga di tingkat global. Aamiin. (Salman Al Farisi)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles