Wednesday, May 22, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Nasehat Pak-Je : Guru dan Karyawan adalah Agen Pemurnian Ajaran Islam

 

Oleh Muhamad Jemadi, MA.
(Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya).

Motivasi Organisasi Edisi 6 Ramadhan 1445 H.
Guru dan Karyawan adalah Agen Pemurnian Ajaran Islam

Setiap guru dan karyawan Persyarikatan Muhammadiyah wajib bergerak untuk mewujudkan identitas Muhammadiyah sebagai Gerakan Tajdid (pembaharuan) untuk memurnikan ajaran Islam. Diantara bukti bahwa guru dan karyawan menjadi bagian dari Gerakan Pemurnian Ajaran Islam adalah sebagai berikut :

1. Pemahaman yang Mendalam; Mereka berkomitmen untuk memahami ajaran Islam secara menyeluruh dan mendalam, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Penyadaran Diri; Mereka berusaha untuk menyadari dan memperbaiki kesalahan atau kekurangan dalam praktik keagamaan dan sosial mereka, serta berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas iman dan amal mereka.

3. Pembaruan Pendidikan; Mereka terlibat dalam upaya-upaya pembaruan pendidikan yang mencakup revisi kurikulum, pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif, dan peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

4. Penyuluhan dan Pembinaan; Mereka aktif dalam memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat tentang ajaran Islam yang murni dan relevan dengan zaman, serta menginspirasi orang lain untuk berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Islam.

5. Kesadaran Sosial; Mereka memiliki kesadaran sosial yang tinggi dan terlibat dalam upaya-upaya untuk memperbaiki kondisi sosial, ekonomi, dan moral masyarakat melalui program-program sosial, pendidikan, dan kemanusiaan.

6. Pengembangan Diri; Mereka berusaha untuk terus mengembangkan diri mereka sendiri melalui pembelajaran, refleksi, dan praktik ibadah yang konsisten, serta berkomitmen untuk menjadi teladan yang baik bagi orang lain.

“Dengan menjalankan komitmen ini, guru dan karyawan Persyarikatan Muhammadiyah dapat berperan aktif dalam gerakan tajdid dan purifikasi untuk memperkuat kehidupan beragama dan kemasyarakatan yang lebih baik sesuai dengan ajaran Islam”.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles