Wednesday, May 29, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Tenaga Pengajar Prodi Kebidanan UMMAD Ulas 5 Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Madiun, kartanusa.id – Bagi ibu hamil, menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tentu menjadi hal yang tidak gampang untuk dilakukan.

Ada tantangan tersendiri bagi ibu hamil saat berpuasa yaitu harus asupan nutrisi untuk kesehatan diri dan janin yang dikandungnya.

Sekretaris Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) Ruri Narulita Sari MKes mengatakan, ibu hamil mendapatkan keringanan saat menjalankan ibadah puasa tersebut.

Rury pun memberi tips agar ibu hamil dapat melaksanakan ibadah puasa dengan baik dan janin yang dikandung juga tetap sehat.

“Pertama, jangan sampai tidak sahur dan menunda buka puasa,” kata dosen Kebidanan UMMAD tersebut, Kamis (21/3/24).

Hal itu sangat penting diperhatikan ibu hamil mengingat, secara umum ibu hamil itu lebih sering makan. Tetapi karena tengah berpuasa, jadwal makan yang 3 kali sehari itu diganti pada saat sahur dan berbuka.

“Sehingga ibu hamil yang berpuasa jangan sampai melewatkan waktu sahur dan buka puasa. Karena saat sahur dan berbuka itulah ibu hamil dapat mencukupi kebutuhan nutrisinya, jadi manfaatkan waktu sebaiknya-baikny namun bukan berarti pula harus mengonsumsi makanan berlebihan,” kata Ruri.

Tips kedua dari Ruri adalah ibu hamil yang berpuasa harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Menurut Ruri, ibu hamil perlu minum 2,5 sampai 3 liter air atau 8-12 gelas air tiap hari guna mencukupi kebutuhan cairan ibu dan janin.

“Jika ada ibu hamil yang berpuasa maka kebutuhan cairan tubuh tersebut dapat dipenuhi saat sahur dan berbuka. Itu juga alasannya mengapa disarankan ibu hamil jangan sampai menunda buka puasa agar tidak terjadi dehidrasi,” terang Ruri.

Makan makanan yang bergizi dan berserat.

Ketiga adalah ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan bergizi seperti wortel, umbi-umbian, serta berserat seperti pisang, apel, kacang almond, dan lain sebagainya.

“Makanaan yang tinggi serat ini sangat baik menunjang kesehatan pencernaan ibu hamil dan dapat merasakan kenyang lebih lama,” terang Ruri.

Untuk memenuhi kebutuhan serat ibu hamil dapat mengonsumsi buah-buahan dan sayuran saat sahur dan berbuka.

Minum susu sebagai nutrisi tambahan

Saran berikutnya bagi ibu hamil adalam meminum susu dan istirahat cukup.
Menurut Ruri, susu sangat baik untuk menambah nutrisi bagi ibu hamil. Ibu hamil bisa mengonsumsi susu hamil pada waktu sahur dan berbuka.

Ruri mengatakan perubahan kondisi fisik menyebabkan ibu hamil cenderung cepat merasa lelah, sehingga dianjurkan istirahat yang cukup.

“Hindari aktivitas berlebihan guna menjaga tenaga ibu agar tetap fit sehingga bisa tuntas berpuasa hingga waktu berbuka,” ujar Ruri. (Pujoko/UMMAD)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles