Wednesday, May 22, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Nasehat Pak-Je : Pentingnya Konsistensi Dalam Ibadah

 

Oleh Muhamad Jemadi, MA.
(Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya, Sekretaris MGMP dan KKG Pendidikan Agama Nasional, Anggota Dewan Pembina DPP AGPAII)

Motivasi Organisasi Edisi 18 Ramadhan 1445 H.

Pentingnya Konsistensi Dalam Ibadah

Diantara cara merawat ketaqwaan adalah dengan menjaga konsistensi ibadah. Menjaga konsistensi dalam ibadah adalah bagian penting dalam kehidupan seorang Muslim. Berikut beberapa petunjuk dari Al-Qur’an dan Hadits Rasulullah SAW tentang menjaga konsistensi ibadah :

(1) Menjaga Shalat.
Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 103: “Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditetapkan waktu-waktunya atas orang-orang yang beriman.”
Ayat ini menunjukkan bahwa shalat adalah kewajiban yang ditetapkan waktu-waktunya bagi orang-orang yang beriman. Menjaga konsistensi dalam menjalankan shalat lima waktu adalah kunci untuk memperkuat hubungan dengan Allah SWT.
Dalam hadits Riwayat Bukhari: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Barangsiapa yang memelihara shalat lima waktu dengan penuh kehadiran pikiran dan khushu’, maka baginya di akhirat adalah kenikmatan dan cahaya dan kemenangan.”
Hadits ini menekankan pentingnya menjaga konsistensi dalam shalat lima waktu dengan penuh khusyuk.

(2) Membaca Al-Qur’an.
Al-Qur’an surat Al-Muzzammil ayat 20: “Sesungguhnya Tuhan-mu mengetahui bahwasanya kamu (betul-betul) berdiri (sembahyang) kurang lebih dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (begitu pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu; dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Dia mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan waktu-waktu sembahyang itu, maka Dia mengampuni kamu. Maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Qur’an”.
Ayat ini mengajarkan bahwa membaca Al-Qur’an adalah ibadah yang dianjurkan, bahkan di waktu-waktu yang sulit. Menjaga konsistensi dalam membaca Al-Qur’an, baik itu sebagian kecil atau lebih, adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

(3) Berdzikir Dan Berdo’a.
Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 41-42: “Wahai orang-orang yang beriman, berdzikirlah kepada Allah dengan mengingat-Nya sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.”
Ayat ini menekankan pentingnya berdzikir kepada Allah SWT. Menjaga konsistensi dalam berdzikir dan berdoa adalah cara untuk memperkuat iman dan meningkatkan hubungan dengan Allah SWT.
Hadis Riwayat Abu Dawud : Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Seorang Muslim yang terus-menerus mengingat Allah SWT, baik di rumah maupun di jalan, akan menjadi seperti orang yang hidup dan mati dalam keadaan berperang di jalan Allah SWT”.
Hadits ini menunjukkan bahwa berdzikir kepada Allah SWT secara konsisten memiliki banyak keutamaan di sisi-Nya.

“Dari petunjuk Al-Qur’an dan Hadits di atas, kita dapat melihat bahwa menjaga konsistensi dalam ibadah merupakan bagian penting dari kehidupan seorang Muslim. Hal ini memungkinkan kita untuk memperkuat hubungan kita dengan Allah SWT dan mendapatkan keberkahan dalam hidup kita”.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles