Wednesday, May 29, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Nasehat Pak-Je : Berbuat Baik Kepada Semua Makhluk

 

Oleh Muhamad Jemadi, MA.
(Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya, Sekretaris MGMP dan KKG Pendidikan Agama Nasional, Anggota Dewan Pembina DPP AGPAII)

Berbuat Baik Kepada Semua Makhluk

Berbuat baik adalah bukti dari keimanan dan ketaqwaan seseorang. Diantara ciri orang yang tidak akan rugi adalah beriman dan beramal kebaikan. Teruslah berbuat kebaikan kepada sesama, karena hal ini juga merupakan bagian dari ketaqwaan kepada Allah. berikut adalah beberapa contoh perilaku baik kepada sesama berdasarkan ajaran Al-Qur’an dan Al-Hadits:

(1) Memberikan Sedekah.
Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 261 mengajarkan tentang pentingnya memberikan sedekah kepada sesama yang membutuhkan. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga menyatakan bahwa memberikan sedekah merupakan salah satu cara untuk menghapus dosa dan mendapatkan pahala yang besar.

(2) Menjaga Silaturahmi.
Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 1 menyeru kita untuk menjaga hubungan kekerabatan. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga menekankan pentingnya silaturahmi dalam hadis-hadisnya. Mengunjungi kerabat, menelepon mereka, atau mengirimkan pesan adalah beberapa cara untuk menjaga silaturahmi.

(3) Menyebarkan Kebaikan.
Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 195 mengajarkan tentang pentingnya menyebarkan kebaikan. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga mendorong umatnya untuk menyebarkan kebaikan kepada sesama. Menyebarkan ilmu, memberikan nasihat yang baik, atau melakukan perbuatan baik kepada orang lain adalah contoh-contoh menyebarkan kebaikan.

(4) Menolong Orang Yang Terlantar.
Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 267 menyebutkan tentang keutamaan menolong orang yang terlantar. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga mengajarkan bahwa menolong orang yang membutuhkan adalah salah satu cara untuk mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT.

(5) Menjaga Lingkungan.
Al-Qur’an surat Al-A’raf ayat 31 mengingatkan kita untuk tidak merusak bumi. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga mengajarkan bahwa menjaga lingkungan adalah tindakan yang dianjurkan dalam Islam. Mengurangi penggunaan plastik, menjaga kebersihan lingkungan, dan menanam pohon adalah beberapa cara untuk menjaga lingkungan.

(6) Berbuat Adil dan Sopan.
Al-Qura’n surat An-Nisa ayat 58 mengajarkan tentang pentingnya berbuat adil kepada semua orang. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga mendorong umatnya untuk berperilaku sopan dan berbuat adil dalam segala hal.

Dengan mengikuti ajaran Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah, kita dapat menjadi individu yang berperilaku baik kepada sesama dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

“Marilah kita jadikan momentum Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H ini, sebagai upaya meningkatkan kualitas ketaqwaan kita kepada Allah. Semoga Allah senantiasa memberikan kita kekuatan dan petunjuk-Nya dalam merawat ketaqwaan kita. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua”.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles