Wednesday, May 22, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Embun Pagi Cahaya Diri Harian : Derajat Amal Tertinggi di Sisi Allah

 

No Ferry No Happy
Bismillahirrahmanirrahim
oleh Ferry Is Mirza (fim)
Refrensi Tafsir Al-Quran dan Al-Hadits

Derajat Amal Tertinggi di Sisi Allah

Amalan ibadah yang baik banyak dijelaskan di dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits Nabi Shalallahu Alayhi Wasallam. Kedudukan dan keutamaan ibadahnyapun berbeda beda. Ada yang wajib, sunah, yang asas, dan yang cabang. Selain itu, ada pula yang berfungsi sebagai rukun dan syarat sah ibadah, ada juga yang lebih tinggi kedudukannya dari ibadah yang lain.

Dalam sebuah hadits, para sahabat kerap bertanya kepada Rasul Shalallahu Alayhi Wasallam tentang amalan yang paling utama dan dianjurkan dalam Islam. Misalnya, pertanyaan Abdullah bin Mas’ud RA tentang amalan yang paling disukai Allah. Rasul pun menjawab, “Shalat pada waktunya, berbuat baik kepada ibu bapak, dan jihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari Muslim).

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kita dari perbuatan dosa. Manusia yang memang tidak akan pernah luput dari dosa pun masih diberikan kesempatan untuk meminta ampun kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Bahkan, wujud cinta Allah Subhanahu Wa Ta’ala terhadap hambaNya yang bergelimang dosa, tertuang dalam QS. Az-Zumar : 53 yang artinya, “Wahai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya, Allah mengampuni dosa- dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

Berikut amalan- amalan dzikir sederhana yang bisa dilakukan agar Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengampuni dan menghapus dosa- dosa kita :

1. Astaghfirullahaladzim
Membaca kalimat Astaghfirullah dinilai bisa menjadi salah satu ikhtiar kita untuk menghapus dosa- dosa. Bahkan dikatakan, satu kali beristighfar bisa mengampuni dosa kita selama 70 tahun. Maka, sempatkan waktu untuk terus beristighfar agar dosa dosa kita diampuni dan dihapuskan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Insya Allah.

2. Subhanallahi wabihamdihi, Subhanallahil adzim.
Dua kalimat yang ringan dilidah tersebut bisa menghapus dosa dosa kita dimasa lampau. Pasalnya, dua kalimat itu akan berat ditimbangan pada hari kiamat dan merupakan kalimat yang dicintai oleh Allah.

3. Laa haula walaa quwwata illa billah.
Kalimat tersebut merupakan sebuah harta karun dari surga. Maksudnya, kalimat Laa haula walaa quwwata illa billah bisa dijadikan sebagai simpanan pahala berharga di surga kelak.

4. Subhanallah walhamdulillah walaa ilaha illallah wallahu akbar.
Kalimat ini dinilai lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya. Maka dari itu, jika kita melafazkan kalimat ini minimal satu menit, maka kita akan bisa mendapatkan ganjaran yang luar biasa.

5.  Allahhumma sholli ala Muhammad.
Dengan bershalawat, kita bisa mengundang rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dengan memberikan shalawat kepada Nabi Muhammad Shalallahu Alayhi Wasallam pula, kita akan bisa mendapatkan 10 kali salam dari Allah. Rasulallah bahkan pernah bersabda, “Siapa yang bershalawat kepadaku 1 kali, maka Allah akan balas dengan 10 kali rahmat.” Rahmat disini berupa rezeki, kebahagiaan, dan dimudahkan urusan.

Nah, itu dia amalan yang sederhana namun dinilai bisa menghapus dosa- dosa kita selama 100 tahun atas izin Allah Subhanahu Wa Ta’ala. InsyaAllah.

fimdalimunthe55@gmail.com

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles