Wednesday, May 29, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Ini Pesan Kepala SMP Negeri 02 Batu Pada Peringatan Hari Kartini Tahun 2024

Batu, kartanusa.id – Dalam rangka memperingati hari kartini 21 April 2024, SMP Negeri 02 Batu menggelar kegiatan Upacara Bendera pada Senin, 22 April 2024 dengan nuansa pakaian adat. Seluruh peserta didik mulai dari Kelas VII, kelas VIII, sampai dengan kelas IX, semuanya mengenakan busana adat, terutama peserta didik putri mengenakan kebaya.

Demikian juga dengan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan, bagi ibu-ibu mengenakan kebaya. Sementara bagi bapak-bapak mengenakan pakaian adat.

Upacara bendera dilaksanakan di halaman sekolah, dimulai pada pukul 8.00 dan berakhir pada pukul 8.45. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala SMP Negeri 02 Batu, Dra. Ida Misaroh, M.Pd.

Dalam kesempatan tersebut, Ida Misaroh, selaku pembina upacara menyampaikan amanat, bahwa “peringatan hari kartini yang dilaksanakan pada hari ini adalah kesinambungan dari kegiatan halalbihalal beberapa hari sebelumnya, yaitu pemantapan dan peningkatan karakter bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan”. Tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, disampaikan juga, bahwa “Anak-anak semua bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar adalah hasil perjuangan Ibu kartini. Tanpa perjuangan dan jerih payah upaya beliau, mungkin hari ini kaum perempuan tidak bisa mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang setara dengan kaum laki-laki.” Ungkapnya.

Selanjutnya, Ida Misaroh menekankan bahwa, “Inspirasi yang bisa diambil dari momen peringatan hari Kartini adalah karakter mandiri dan berprestasi. Sebagai siswa-siswi harus tetap dan terus meningkatkan prestasi melalui belajar secara tekun, baik melalui jalur akdemik maupun jalur non akademik. Selain Ibu Kartini, anak-anakku semuanya juga memiliki kartini-kartini di rumah masing-masing, yaitu ibu kalian di rumah.” Demikian pungkasnya dalam amanat upacara.

Di sela-sela pelaksanakan kegiatan upacara, juga dibacakan Surat dari R.A. Kartini oleh Dra. Suharlik, M.Pd., Biografi R.A. Kartini oleh Ade Kirana Aryani, S.P., S.Pd., M.Pd. Puisi tentang R.A. Kartini oleh Dra. Siti Fatikhatun Fatkhiyah.

Adapun petugas upacara sebagai berikut :
Pemimpin Upacara :Erni Udayani, S.Pd.
Komandan Pleton : Krissiwi Arum, S.Pd., Yesiningrum, S.Pd., dan Fujiastuti, S.Pd.
Pembaca Susunan Upacara : Diani Kusumawati, S.Pd.
Pengibar Bendera : Novalita Kusumaningsih, S.Pd., Deka Inggit, S.Pd., dan Sugiartik, S.Pd.
Pembaca Teks UUD 1945 : Alvtika
Pembaca Biografi R.A. Kartini: Ade Kirana Aryani, S.P., S.Pd., M.Pd.
Pembaca Surat R.A. Kartini: Dra. Suharlik, M.Pd.
Pembaca Puisi R.A. Kartini: Dra. Siti Fatikhatun Fatkhiyah
Dirigen: Devi Puspita Anggraeni, S.Pd.
Pengiring Lagu Ibu Kita Kartini: Riska
Pembaca Doa : Samsul Arif, S.Pd.I.
Paduan Suara: Semua ibu guru SMP Negeri 02 Batu. (Mu’ad Roziqin)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles