Wednesday, May 22, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Belajar Matematika Menyenangkan Bersama Aris Hidayah

Surabaya, kartanusa – Kegiatan rutin bimbingan Matematika di Masjid Al-Mukhlis kali ini di sampaikan oleh salah satu pengurus RPM Aris Hidayah dan di ikuti oleh 10 santri dan santriwati LKSA Rumah Pintar Matahari, Jumat (26/4/24).

“Sebelum belajar Matematika ada baiknya untuk mengubah mindset kamu lebih dulu. Hindari berpikir bahwa Matematika sulit. Ketika berpikir demikian, secara tidak langsung kamu akan merasa takut sehingga lebih sulit menyerap materi yang diberikan. Kalau kamu ingin lebih cepat memahami pelajaran matematika,” ujar Aris Hidayah.

Lanjut Aris Hidayah, Tips belajar matematika ala Aris Hidayah, diantaranya;

Pertama, Buat Catatan Rumus Matematika; Matematika tak lepas dari rumus. Bahkan, untuk menyelesaikan satu soal terdapat beberapa rumus yang dapat diaplikasikan. Agar kamu lebih mudah mempelajarinya, buat catatan rumus lengkap dengan contoh soal dan kelompokkan sesuai materi. Cara ini efektif menjaga daya ingat dan pemahaman kamu mengenai materi pelajaran.

Kedua, Pahami Konsep Dasar; Menghafal rumus bukan solusi tepat untuk menyelesaikan soal matematika. Sebelum menguasai rumus dan pengaplikasiannya, kamu harus memahami konsep dasar matematika terlebih dahulu. Ketika kamu melupakan rumus, kamu masih bisa mengerjakan soal berbekal pemahaman tersebut. Sederhananya, dengan memahami konsep dasar matematika secara otomatis kamu telah menghafal rumus.

Ketiga, Perbanyak Latihan Soal; Matematika bukan pelajaran menghafal. Matematika merupakan mata pelajaran yang dapat diselesaikan dengan latihan terus-menerus. Memang tidak mudah, tetapi kamu bisa terus mencobanya dengan cara memahami konsep dasar dan mengerjakan latihan soal secara rutin. Meskipun tampak sepele, hal ini akan membuat kamu terbiasa dengan berbagai jenis soal sesuai tingkatannya. Makin sering berlatih, makin cepat kamu memahami Matematika.

Keempat, Pelajari Trik Matematika; Tips belajar matematika agar cepat paham selanjutnya adalah menguasai trik. Bisa dibilang, trik merupakan cara paling sederhana untuk menyelesaikan soal matematika. Beberapa trik yang wajib kamu kuasai adalah trik perkalian, menghitung kuadrat, menghitung tip, pembagian, dan persentase. Selain dapat dipelajari sendiri, trik ini biasanya akan diajarkan oleh mentor di kelas kursus matematika.

Kelima, Belajar Bersama Teman; Satu lagi cara efektif untuk mempercepat proses pemahaman matematika, yakni belajar bersama teman. Buatlah kelompok belajar matematika yang berisikan tiga sampai lima orang. Pastikan di dalam kelompok terdapat anak yang lebih unggul dan menguasai matematika. Nantinya, ia akan membantu anggota kelompok lain yang masih kesulitan menyerap pelajaran.

Dibandingkan bertanya langsung kepada guru, anak-anak lebih nyaman bertanya pada teman sebayanya. Oleh karena itu, belajar bersama teman dapat menjadi solusi terbaik untuk memudahkan kamu memahami pelajaran dengan cepat.

“Tips belajar Matematika sangat berguna bagi kami semua yang susah belajar matematika. Kita sangat terbantu sekali,” tandas Tyan salah satu santri binaan LKSA Rumah Pintar Matahari. (Tama/Aris)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles