Wednesday, May 22, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Aris Hidayah Ulas Delapan Sebab Anak Tidak Suka Belajar Matematika

Surabaya, kartanusa – Kegiatan rutin LKSA Rumah Pintar Matahari PCM Krembangan Surabaya sepekan sekali mengadakan bimbingan matematika.

Bimbingan Matematika diikuti 15 santri dan santriwati binaan LKSA Rumah Pintar Matahari PCM Krembangan di Masjid Al-Mukhlis, Jumat (3/5/24).

“Matematika merupakan mata pelajaran penting yang selalu ada di setiap jenjang pendidikan. Karena pentingnya, kita sebagai pengurus LKSA Rumah Pintar Matahari PCM Krembangan pasti menginginkan santri dan santriwati pandai Matematika. Beberapa strategi pembelajaran diterapkan agar para rajin belajar Matematika. Namun terkadang, yang terjadi justru sebaliknya, santri dan santriwati malah menolak belajar Matematika,” ungkap Aris Hidayah salah satu pengurus RPM.

Beberapa alasan pun muncul, dari mulai pusing dengan soal-soalnya, tidak mengerti, sampai bosan. Saat santri menolak belajar Matematika, mungkin memang strategi pembelajarannya yang kurang tepat. Sebab ternyata, beberapa cara belajar Matematika seperti ini tidak disukai anak :

Pertama, diawali dengan pemaksaan, Matematika memang penting untuk dikuasai, tapi bukan berarti santri dan santriwati harus dipaksa agar belajar. Contohnya, kalau tidak belajar Matematika, nanti anak akan dihukum, atau kalau mau bermain harus belajar Matematika dulu. Sebenarnya, tanpa dipaksakan pun Matematika sudah ada dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua, vibrasi merupakan kunci dari minat anak belajar Matematika, apakah ia ingin belajar lebih banyak atau malah berhenti. Awali pembelajaran Matematika dengan menyenangkan. Mulailah dengan mengajak anak ikut ke pasar untuk membeli barang, atau membagi kue yang baru saja dibeli. Anak tidak bisa dipaksa belajar, tapi kita bisa menunjukkan kalau Matematika ada di kehidupan sehari-hari.

Ketiga, hanya ada cara tunggal, jika anak mengerjakan soal dengan caranya sendiri, jangan hentikan dia apalagi memintanya untuk mengerjakan soal dengan cara yang diajarkan di sekolah saja. Matematika memang harus bersifat majemuk dan memang seharusnya mengajarkan anak untuk berpikir kreatif. Itulah sarananya untuk berlatih melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang.

Keempat, perbedaan dan perubahan sudut pandang adalah hal yang sangat wajar terjadi dan justru diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan.

Kelima, tidak kontekstual, pernahkah anak menolak belajar Matematika kemudian ia berkata bahwa ia bosan, atau ia mengeluh bahwa Matematika hanya terdiri dari soal-soal saja? Itu mungkin karena soal-soal yang diberikan tidak ada hubungannya dengan keadaan sehari-hari. Padahal, Matematika seharusnya mengajarkan logika berpikir untuk memecahkan masalah sehari-hari.

Keenam, Matematika haruslah menjawab kebutuhan anak. Ketika yang dibutuhkannya adalah kesiapan untuk menghadapi kehidupan, maka tawarkanlah Matematika yang terkoneksi dengan permasalahan sehari-hari.

Ketujuh, hanya fokus pada lembar kerja, Matematika lebih dari sekadar menyelesaikan soal-soal. Matematika adalah bagaimana kita menganalisis suatu masalah, membangun sudut pandang, dan menerapkan suatu cara untuk memecahkannya. Kemampuan itu hanya ada pada diri anak jika pemahaman konsepnya sudah matang. Lembar kerja diberikan setelah anak memahami konsep, dan konsep dipelajari melalui eksplorasi dengan material konkret.

Kedelapan, Matematika bukanlah perlombaan. Yang terpenting bukan seberapa cepat anak bisa mengerjakan soal, tetapi bagaimana caranya agar ia menyukai Matematika dan selalu ingin terus belajar.

Begitu kata Aris yang juga anggota Majelis Kader PCM Krembangan Surabaya.

“Saya di RPM belajar Matematika tidak di paksa tapi mas Aris bisa mengarahkan saya agar saya bisa menyenangi matematika. Akhirnya saya senang belajar Matematika,” kata Aziz salah satu santri binaan LKSA Rumah Pintar Matahari. (Tama/Aris)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles