Thursday, June 13, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Majelis Tabligh PCM Sukomanunggal Surabaya Gelar Pengajian At-Tanwir

Surabaya, kartanusa – Majelis Tabligh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Sukomanunggal Surabaya melaksanakan Pengajian At-Tanwir di Masjid Al-Falah Simogunung, Ahad (2/6/2024).

Sebagai pengisi materi dari Wakil Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surabaya yakni Drs Rofiq Munawi, kegiatan dihadiri jajaran Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Pimpinan Cabang Aisyiyah Sukomanunggal, serta jajaran Pimpinan Ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Hadir pula para guru dan karyawan SD Muhammadiyah 29 Surabaya, para takmir dan jajaran masjid, warga, serta simpatisan Muhammadiyah Sukomanunggal Surabaya.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sukomanunggal Musthofa Hamal ST menjelaskan, setiap Ahad pertama pihak PCM Sukomanunggal melaksanakan kajian rutin.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan Pengajian At-Tanwir diantaranya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang ajaran agama, termasuk tafsir Al-Qur’an, hadits, fiqh, dan akhlak,” ujarnya.

Berikutnya, sambung Musthofa Hamal, untuk membangun silaturrahim, dimana pengajian menjadi sarana untuk menjalin dan mempererat hubungan silaturahmi antar sesama umat Islam, baik di lingkungan masjid, komunitas, maupun masyarakat umum.

“Pengajian juga untuk membentuk akhlak mulia, dimana melalui pengajian, diharapkan peserta dapat mengembangkan akhlak yang baik dan mulia sesuai dengan tuntunan Islam,” tuturnya.

Kemudian, lanjut Musthofa Hamal, juga untuk meningkatkan kesadaran sosial, pengajian sering kali membahas isu-isu sosial dan mengajak peserta untuk lebih peduli dan aktif dalam kegiatan sosial serta kemanusiaan.

“Selanjutnya, juga untuk memberikan bimbingan dan konseling, pengajian dapat menjadi media untuk memberikan bimbingan rohani dan konseling kepada jamaah yang memerlukan solusi atas berbagai permasalahan hidup,” ujarnya.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sukomanunggal Musthofa Hamal ST ketika membuka dan memberikan sambutan Pengajian At-Tanwir di Masjid Al-Falah Simogunung, Ahad (2/6/2024)

Dengan demikian, lanjut Musthofa Hamal, pengajian tidak hanya berfungsi sebagai sarana pendidikan agama, tetapi juga sebagai wadah untuk mempererat hubungan sosial dan memperbaiki kualitas hidup umat Islam.

“Selaku Ketua PCM Sukomanunggal Surabaya kami sampaikan banyak terima kasih kepada para jamaah yang hadir baik karyawan maupun pengurus amal usaha seperti SDM 29, panti Ki Bagus Hadikusumo, seluruh warga maupun simpatisan Muhammadiyah Sukomanunggal,” tuturnya.

Sementara, Wakil Ketua PCM Sukomanunggal M Jahja Sholahudin SPd menambahkan, Pengajian At-Tanwir semakin semarak dengan pembagian bingkisan.

“Alhamdulillah, pengajian kali ini pihak PCM Sukomanunggal Surabaya di akhir acara nanti juga akan dibagikan 140 bingkisan berupa gula pasir,” katanya.

Selain bingkisan, sambung Jahja Sholahudin, Pengajian At-Tanwir juga menyediakan sarapan pagi untuk para jamaah yang hadir.

“Mudah-mudahan kegiatan pengajian rutin bulanan PCM Sukomanunggal Surabaya bisa tetap terlaksana dengan istiqomah dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT,” tandasnya. (Yuda)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles