Thursday, June 13, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

SD Muhammadiyah 26 Surabaya, Munaqosyah Kenaikan Jilid dan Al-Qur’an

Surabaya, kartanusa – SD Muhammadiyah 26 Surabaya menyelenggarakan Munaqosyah Kenaikan  Jilid dan Al-Qur’an untuk para siswanya pada selasa – kamis, 4-6 Juni 2024.

Munaqosyah ini merupakan ujian hafalan Al-Qur’an dan Tilawati yang bertujuan untuk menguji kemampuan bacaan dan hafalan Al-Qur’an para siswa, sekaligus memastikan mereka membaca Al-Qur’an dengan Makhorijul Huruf yang benar.

Sebanyak 450 siswa dari kelas 1 hingga 6 mengikuti Munaqosyah ini. Mereka diuji oleh 5 Munaqish dari Lembaga Pengembangan Taman Pendidikan Alquran Muhammadiyah (LPTPAMU) yang berpengalaman.

Para Munaqish menilai kemampuan hafalan dan bacaan Alquran para siswa, serta ketepatan mereka dalam menerapkan Makhorijul Huruf.

Kepala SD Muhammadiyah 26 Surabaya Yunita Puspitasari SSi SPd dalam sambutannya menyampaikan pentingnya Munaqosyah untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan bacaan dan hafalan Al-Qur’an para siswa.

Dia juga menekankan pentingnya penerapan Makhorijul Huruf yang benar dalam membaca Alquran.

“Munaqosah ini bukan hanya tentang hafalan, tetapi juga tentang kemampuan membaca Alquran dengan tartil dan sesuai dengan Makhorijul Huruf yang benar. Hal ini penting untuk menjaga kemurnian Alquran dan maknanya,” ujar Yunita.

Sementara, Kaur ISMUBA SD Muhammadiyah 26 Surabaya Pak Hasan mengungkapkan, bahwa Munaqosyah ini merupakan salah satu bentuk komitmen sekolah dalam mencetak generasi muda yang cinta Al-Qur’an dan berakhlak mulia.

“Melalui Munaqosyah ini, kami berharap para siswa dapat semakin termotivasi untuk mempelajari dan memahami Alquran dengan lebih baik, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Hasan.

Salah satu peserta Munaqosyah, Fahri Kelas 4, mengaku gugup namun senang dapat mengikuti acara ini. Ia merasa tertantang untuk menunjukkan kemampuan hafalannya di hadapan para Munaqish.

“Awalnya saya gugup, tapi setelah melihat teman-teman yang lain, saya jadi lebih semangat. Saya senang bisa mengikuti Munaqosyah ini dan menunjukkan kemampuan hafalan saya,” ungkap Fahri.

Peserta lain, Khanza Kelas 5, juga mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaiannya dalam Munaqosyah. Ia berharap dapat terus meningkatkan hafalan Alqurannya dan membaca Alquran dengan Makhorijul Huruf yang benar.

“Saya bangga bisa menyelesaikan hafalan Al-Qur’an saya dengan baik. Saya ingin terus belajar dan meningkatkan hafalan Alquran saya, serta membaca Alquran dengan benar sesuai dengan Makhorijul Huruf,” ujar Khanza.

Munaqosyah Tilawati dan Alquran di SD Muhammadiyah 26 Surabaya ini merupakan bukti komitmen sekolah dalam mewujudkan visi misinya untuk mencetak generasi muda yang Islami dan berprestasi.

Dengan adanya Munaqosyah ini, diharapkan para siswa dapat semakin termotivasi untuk mempelajari dan memahami Alquran dengan lebih baik, serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. (Diah Novita Sari)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles