Wednesday, June 12, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Asyiknya Outing Class SMP Negeri 03 Batu di SMK Negeri 02 Batu

Batu, kartanusa – Peserta didik kelas VII dan VIII SMP Negeri 03 Batu melakukan kegiatan Outing Class

Peserta didik SMP Negeri 03 Batu belajar membuat cookies.

untuk melengkapi pembelajaran P5 (Projek Penguatan Profil  Pelajar Pancasila) dengan tema “Berjiwa Wirausaha yang Peduli pada Sesama”.

Sejumlah 640 peserta didik beserta bapak/ibu guru pendamping secara bergantian mengunjungi SMK Negeri 02 Batu yang terletak di Jalan Raya Pandanrejo No. 39A Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu pada hari Rabu, 5 Juni 2024 dan Kamis, 6 Juni 2024.

Peserta didik dan walimurid terlihat sangat antusias, terlihat dari respon kedatangan di lokasi yang tepat waktu. Peserta didik memang berangkat diantarkan orang tua masing-masing menuju SMK Negeri 02 Batu dan dijemput kembali setelah pembelajaran selesai.

Ayu Kurniawati, S.Pd, pengampu mata pelajaran Matematika sekaligus sebagai salah satu Koordinator P5 tema “Berjiwa Wirausaha yang Peduli pada Sesama”, mengatakan bahwa Kegiatan P5 kali ini mengambil tiga Profil Pelajar Pancasila sebagai fokus utama, yaitu:

Dimensi yang pertama, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dengan elemen akhlak kepada manusia.

Dimensi yang kedua, bergotong royong dengan elemen kolaborasi.

Dimensi yang ketiga, mandiri dengan elemen kreatif.

“Kegiatan yang dilakukan peserta didik SMP Negeri 03 Batu kelas VII dan VIII di SMK Negeri 02 Batu, meliputi pembelajaran pembuatan sabun, mini plant, sari apel, bakso, manisan dan cookies. Peserta didik juga diperbolehkan untuk mencoba membuat berdasarkan tahapan pembelajaran yang telah diberikan oleh pengajar.” Tuturnya.

Peserta didik SMP Negeri 03 Batu belajar mengenal macam-macam jenis tanaman hias.

Slamet Winarto, M.Pd, kepala SMK Negeri 02 Batu menjelaskan bahwa SMK Negeri 02 Batu mempunyai tiga program keahlian, yaitu Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Agribisnis Tanaman (AT) dan Teknik Kimia (TK).

“Kegiatan kunjungan peserta didik jenjang SMP ke SMK merupakan rangkaian kegiatan lanjutan Pelatihan Masyarakat, Peningkatan Kompetensi Guru SMP/MTs sederajat. Tujuan kegiatan untuk mengenalkan program keahlian yang ada di SMK Negeri 02 Batu ke masyarakat.” Katanya.

Dia menyampaikan terima kasih atas kerja samanya dengan SMK Negeri 2 Batu. Semoga bermanfaat dan memberi pengalaman kepada peserta didik SMP Negeri 03 Batu. Perwakilan setiap kelas yang melakukan praktik bisa menjadi evaluasi pelaksanaan kegiatan ini berikutnya. Sehingga peserta didik bisa lebih maksimal lagi dalam mengerjakan kegiatan praktik. Jumlah peserta didik SMP Negeri 03 Batu yang banyak juga menjadi kendala tersendiri ketika praktik, terutama dalam pengondisian peserta didik saat praktik.

“Harapan dari kami (SMK Negeri 02 Batu) kerjasama ini akan terus terjalin dengan baik.” Lanjut orang nomor satu di SMK Negeri 02 Batu tersebut.

Ungkapan yang sama juga disampaikan oleh Maria Sumarwati, STP., pengampu mata pelajaran Produktif program keahlian APHP. “Saya sangat senang sekali dikunjungi karena bisa berbagi wawasan  dan ilmu kepada peserta didik SMP Negeri 03 Batu. Semoga bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bekal kehidupan nanti sesuai dengan tema P5.” Tuturnya. (Murni Novida Wardany/Nurlaila/Rina Kristina)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles