Thursday, June 13, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Embun Pagi Cahaya Diri Harian : Kebaikan Sepele dan Do’a Saat Shalat 1/3 Malam Dikabulkan Allah SWT

No Ferry No Happy

Bismillahirrahmanirrahim

oleh Ferry Is Mirza (fim)

Refrensi Tafsir Al-Qur’an dan Al-Hadits

Kebaikan Sepele dan Do’a Saat Shalat 1/3 Malam Dikabulkan Allah SWT

Kaidahnya adalah tidak menganggap remeh amalan kebaikan walau kecil atau sepele. Karena semua amalan tersebut akan dihisab (ditimbang) jadi tetaplah kerjakan dengan ikhlas.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an, yang artinya :“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun (ukuran yang kecil atau sepele), niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” (QS. Az-Zalzalah: 7)

Dalam surat yang lain, Allah SWT mengingatkan, yang artinya :“Pada hari ketika tiap-tiap diri mendapati segala kebajikan dihadapkan (dimukanya).” (QS. Ali Imran: 30)

Artinya :“Dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis).” (QS. Al Kahfi: 49)

Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di rahimahullah, menyampaikan :“Ayat ini memotivasi untuk beramal baik walau sedikit.” (Taisir Al Karimir Rahman, hal. 932)

Rasulallah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam berkata pada Jabir bin Sulaim, yang artinya :“Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau hanya berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya.” (HR. Abu Daud)

Dan masih ada beberapa hadits lagi yang memotivasi kita untuk tetap beramal walau kecil/sedikit.

Memang tidak mudah bangun di sepertiga malam terakhir, ada beberapa faktor penyebabnya. Bisa karena kelelahan bekerja, begadang atau pun sakit.

Tapi tetaplah diusahakan untuk bangun dan sholat walau sempatnya hanya dapat witir satu raka’at tentu dibarengi dengan do’a.

Nabi Muhammad SAW mengingatkan, yang artinya :“Apabila kalian khawatir masuk subuh, hendaknya dia shalat satu rakaat sebagai witir”. (HR. Bukhari)

Selama belum adzan subuh maka doa doa kita Allah kabulkan, InsyaAllah.

Dalam Hadits Nabi SAW mengingatkan kita, yang artinya :“Allah Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia pada setiap malamnya hingga tersisa sepertiga malam yang terakhir, Allah berfirman “Siapa yang berdo’a kepadaKu, akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepadaKu, akan aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepadaKu, akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari)

“InsyaAllah, Allah mudahkan kita semua untuk bangun di sepertiga malam terakhir”.

fimdalimunthe55@gmail.com

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles