Thursday, June 13, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

HW Mulyorejo Gelar Kenaikan Taruna Melati 1 di Bumi Perkemahan Sumber Boto Jombang

Jombang, kartanusa – Hizbul Wathan (HW) Cabang Mulyorejo mengadakan “Kenaikan Tingkat Taruna Melati 1” yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Sumber Boto Jombang diikuti 30 peserta, selama tiga hari, Ahad-Selasa (9-11/6/24).

Sebelum keberangkatan ke Sumber Boto, peserta dikumpulkan untuk mengikuti acara pembukaan di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya dengan agenda pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Sang Surya, Ahad (9/6/24).

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mulyorejo Najib Sulhan mendapat undangan untuk memberikan sambutan juga motivasi, termasuk pelepasan peserta “Kenaikan Tingkat Taruna Melati 1 Hizbul Wathon Cabang Mulyorejo.”

Dalam sambutan juga pembekalan motivasi ketua PCM Mulyorejo menyampaikan tentang Kepemimpinan Abad 21. Kepemimpinan model Rasulullah masih relevan dengan model kepemimpinan abad 21, dengan tiga pilar, yaitu karakter, literasi, dan kompetensi.

Konsep karakter, melekat pada empat sifat rasulullah, yaitu Sidiq, selalu jujur dalam tutur dan laku. Amanah, selalu bisa dipercaya, antara tutur dan laku tak pernah berbeda. Tabligh, menyampaikan kebenaran. Apa yang diperintahkan oleh Allah disampaikan pada umatnya. Fathona, memiliki kecerdasan emosi, spiritual, juga intelektual. Rasulullah tidak hanya cerdas dalam menggunakan bahasa pikiran, juga pandai dalam menggunakan bahasa hati.

PIlar kedua adalah literasi. “Ketika Nabi Muhammad saw diangkat menjadi rasul, maka perintah pertama sesuai wahyu pertama, Surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5, yang intinya perintah membaca dan menulis,” paparnya.

Para peserta yang rata-rata masih di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya ini diberi tantangan oleh Ketua PCM Mulyorejo untuk membuat tulisan berbentuk feature. Jika nanti selesai, akan dikumpulkan sebagai karya berbentuk buku.

Pilar ketiga adalah kompetensi, yang meliputi dua hal, yaitu Al-Qowiyyun dan Al-Amiin. Yaitu kuat jasmani dan rohani. Selain itu mampu menjalankan amanah dengan baik.

“Anak-anakku, jaga kesehatan dan isi waktu sebaik-baiknya untuk menjadi pemimpin yang dicontohkan rasulullah. Jangan mudah baper, jangan mudah menyerah, dan terus semangat,” tandas Ketua PCM Mulyorejo. (Najib Sulhan)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles