Saturday, July 13, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Iduladha 1445 H, SD Musix Sembelih 2 Sapi dan 12 Kambing

Surabaya, kartanusa – Pelaksanaan pemotongan ternak kurban tahun 1445 H./2024 M. di SD Muhammadiyah 6 Gadung (SD Musix) Surabaya mengalami peningkatan kuwantitas maupun kualitasnya, jika di bandingkan dengan tahun sebelumnya, Selasa (18/6/24).

Sejak tiga hari menjelang Idhul Adha, para siswa tidak bisa bebas bermain di halaman sekolah sebagaimana biasanya. Bagaimana tidak, biasanya anak-anak bermain bola, basket, dan sekdar belari-lari, kali ini anak-anak disibukka dengan datang datangnya hewan ternak qurban, baik milik SD Musix maupun lembaga lain yang ada di kompleks pendidikan Muhammadiyah Gadung Surabaya, yang akan dipotong secara serempak

Datangnya ternak kambing quban bertama milik Nalendra Keanu Harun Arrasyid Mamuaya III-B (Keano) menghebohkan para siswa yang lagi asyik bermain.
“Hey, teman-teman sudah ada kambing yang datang!” Seru beberapa anak yang sedang bermain saat istirahat. Tentunya membuat anak-anak yang sedang asyih bermain dan istiharat terhentak, mereka lansung bergerombol mendatangi kambing yang sedang ditutuntun pengantar dan Keano berad di sampingnya, sedangkan bundanya berada jauh di belakang.

“Alhamdulillah, kambing ini hasil tabungan Keano sendiri, Ustad” Ujar Kartika Umi Khalzum bundaya Keano yang ikut mengantarkan. Dia juga menyampaikan bahwa uang sisa jajannya atau uang yang diberi oleh saudaranya waktu hari raya ditambungkan, sehingga menjelang Idhul Adha ini bisa untuk membeli kambing.

Tradisi di siswa SD Musix ada berbagai tabungan/iuran yang dilakukan. Antara lain, celengan LazismuKid’s. mereka menabung di kaleng yang disiapkan oleh pengurus, setiap akhir bulan dikumpulkan dan dibedah bersama-sama hasilnya dikumpulkan oleh pengurus. Selanjutnya tabungan kas kelas yang diperuntukkan kebutuhan kelas, dan tabungan untuk Qurban.

Jumlah Ternak Qurban Meningkat.

Sebulan menjelang Idhul Adha panitia yang di pandegani oleh Sapto Gunawan SPd ketua panitia ini membuat box besar terbuat dari kardus berkuran tinggi 100 meter. Dipajang di teras sekolah. Setiap menjelang pembiasaan sholat Dhuha di lapangan anak-anak memasukkan sejumlah ke dalammya, seminggu menjelang Idhul kurban dibongkar

“Alhamdulillah, hari ini panitia bersyukurharena mandapat tambahan dana untuk belanja pembelian ternak” Ujar Sapto Gunawan guru Pejaskes. Selanjutnya dia juga menyampikan bahwa uang tabungan yang didapat dari box kardur hampir satu juta rupiah.

Perolehan ternak pada tahun ini meningkat, baik kuwalitas maupun kuantitasya. Hal ini dikarenakan partisipasi baik dari para siswa, guru, karyawan dan wali murid sangat antusias
“Jika dibandingkan tahun lalu meningkat drastis”. Kata Nurun Naharo MPdI selalu seksi pembelian dan distribusi.
Tahun lalu –lanjutnya- ternak sapi mendapat dua ekor, kambing 5 ekor, sedangkan tahun ini Alhamdulillah meingkat dengan ternak sapi dua ekor, kambing mendapat 12 ekor.

Dari hasil pengumpulan hewan qurban ini, pantia mendistribusikan kepada yang berhak menerimanya diantaranya dua ekor sapi an sepuluh ekor kambing dipotong dan dibagikan kepada masyarakat, siswa, guru, karyawan dan panitia, sedangkan dua ekor kambing diperbantukan untuk bakti sosial yang diselenggarakan oleh Majelis Tablih Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surabaya yang di pusatkan di Muhammadiyah Trade Centre (MTC) Wonosalam Jombang.

“Alhadulillah, dari dua ekor sapi dan 10 ekor kambing bisa kami kemas menjadi 450 bungkus” ujar Guru Kelas III-B ini.
Selanjutnya, dia merinci pendistribusian dading qurban diantaranya untuk 1. Para siswa 120 bunkus, 2. Panitia 100 bungkus, 3, Panti Asuhan 10 bungkus,, 4. Masjid 50 bungkus, 5. Warga sekitar 60 bungkus, Guru ekstra 15 bungkus, 7. Guru Al-Qur’an metodhe Ummi 20 bunkus, 8. TK sekolah mitra 50 bungkus, dan sekolah SD Mitra 10 bungkus.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan semua pihak yang telah mendukung agenda ini hingga selesai,” Kata pria kelahiran Bojonegoro yangberulangtahun 21 Juli ini.

Daftar Shohibul Qurban SD Musix 1445 H./2024 M.

Kelompok Qurba Sapi 1
1. Munahar, S.H.I, M.Pd
2. Aqilah Khanza Mahira Ahfazhani V-C
3. Radithya Putra Adistyansyah VI-A
4. Muhammad Abdurrahman Rizq Al Farizy IV-A
5. Raditya Prasetya VI-B
6. Muhayati KepalaTK ABA 2
7. Mas Aan (Alumni SD Musix)
Kelompok Qurban Sapi 2
1. Mak Nunung Jl Gembili II Surabaya
2. Infaq Siswa kelas VI-A
3. Infaq sisiwa kelas VI-C
4. Infaq Guru dan Karyawan
5. Mas Akbar Jl Gembi III/ 31 Surabaya
6. Bank Syariah Mandiri
7. Infaq dan partisipasi seluruh siswa

Kelompok Qurban Kambing
1. Shafiyah Aqilah Prangsubakat III-A
2. Nalendra Keanu Harun Arrasyid Mamuaya III-B
3. Lalu Muhammad Zakaria Putra SN. IV-ICP
4. Hamidah Abdullah V-C
5. Infaq Siswa Kelas IV-ICP
6. Satria Prajaka Wrehatnala VI-C
7. Arya Wisanggeni Satria Wikramawardhana VI-B
8. Mohammad Hafidz Avicena Al Amin III-B
9. Hamba Allah 1
10. Hamba Allah 2
11. Muhammad Athallah Mifzal El-Fathin III-B
12. Muhammad Imaaroh Aafiq V-A

(Basirun)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles