Saturday, July 13, 2024
spot_img
CleanTexs
20240303_141948
agaddhita
UMcmps
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Shadow

Refleksi Tahun Baru Islam 1446 H; Momentum Untuk Berhijrah Menjadi Lebih Baik

Momentum Untuk Berhijrah Menjadi Lebih Baik

Oleh Ir. Lukman

(Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wonokromo) 

Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1446 H yang jatuh pada Minggu, 7 Juli 2024. Landasan penetapan ini mengacu pada Kalender Hijriyah Global Tunggal (KHGT) yang menggantikan metode hisab hakiki dengan kriteria wujudul hilal.

Tahun baru dalam Islam biasa juga disebut Hijriyah, adalah suatu peristiwa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT, serta mengimplementasikannya dengan menebar rahmat bagi semesta alam.

Berhijrah, memang tidak selamanya bermakna berpindah dari satu tempat ke tempat yang baru. Namun, hijrah memiliki banyak makna. Berhijrah bisa bermakna bertekad untuk mengubah diri demi meraih rahmat dan keridhaan Allah SWT.

Hijrah juga dapat diartikan sebagai salah satu prinsip hidup. Seseorang dapat dikatakan hijrah jika telah memenuhi dua unsur, yaitu

Pertama, Ada sesuatu yang ditinggalkan, yaitu meninggal segala sesuatu yang menghambat diri kita menjadi lebih baik, meninggalkan yang kurang baik menuju yang lebih baik, yang sudah baik meningkatkan kualitas dan kuantitas kebaikannya.

Kedua, Ada sesuatu yang ditujunya, yaitu menuju ke hal yang positif, ketempat yang lebih baik, aman, nyaman. Bisa dimaknai menuju kesuksesan hidup dunia dan akhirat, masuk dalam surga-Nya.

“Kami atas nama Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Wonokromo Kota Surabaya, mengucapkan selamat Tahun Baru 1 Muharram 1445 H, semoga menjadi manusia yang semakin beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, Aamiin”.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles